Selasa, 05 Agustus 2008

WAKTU KEMATIAN

Hingga bulan Agustus 2008, kasus penemuan mayat di Surabaya Utara telah mencapai 26 kasus. Kalau dirata-rata setiap minggu Sat Reskrim Surabaya Utara menangani penemuan mayat. Mulai mati wajar hingga mati tidak wajar, dari yang baru berumur 4 bulan kandungan hingga kakek renta 75 tahun mewarnai laporan masyarakat yang membutuhkan pelayanan penyidik. Dalam kasus kematian tidak wajar khususnya korban pembunuhan, penting bagi penyidik untuk mencari tahu saat kematian terjadi. Saat kematian ini akan digunakan penyidik untuk mengungkap siapa yang paling bertanggung jawab sebagai pelaku pembunuhan.

Mencari Petunjuk
Untuk mengetahui pasti waktu kematian adalah datang ke TKP (tempat kejadian perkara). Bagaimana bisa mendapatkan informasi, kalau tidak terjun ke TKP ?. Jadi turun TKP adalah bagian penting dalam pengungkapan perkara. Dalam kasus kematian, ada beberapa hal yang bisa dijadikan petunjuk, antara lain adalah kaku mayat. Beberapa jam setelah seseorang mati, otot-otot tubuh mulai kaku. Otot wajah mulai kaku setelah 1-4 jam tewas dan otot lengan kaku dalam 4-6 jam. Setelah 12 jam bakteri mulai membusukkan jaringan dan otot mulai lemas.

Serangga Penyerbu
Sejak kematian, serangga mulai mendatangi jenazah. Pertama datang adalah lalat. Mereka bertelur dan beberapa jam kemudian menetas jadi belatung yang mulai makan daging. selama 10 atau 12 hari berikutnya, belatung tumbuh dan berganti kulit dua kali sebelum menjadi pupa dan berubah menjadi lalat dewasa.


Tidak ada komentar: